• 130514005
  • 2017
  • Akademi Kebidanan Kesehatan Baru Dolok Sanggul
  • Kepala Perpustakaan


  • ANALISIS LAYANAN SIRKULASI DAN LAYANAN REFERENSI PADA DINAS PERPUSTAKAAN KOTA BINJAI (DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNA)
  • Dr. Irawaty A Kahar, M.Pd
  • Ida Mariani Pasaribu, S.Sos, M.A

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perpustakaan Kota Binjai dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana layanan sirkulasi dan layanan referensi pada Dinas Perpustakaan Kota Binjai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan metode penentuan sampel Accidental Sampling, populasi dari penelitian ini adalah anggota perpustakaan aktif berjumlah 106 orang dan sampel yang diambil 52 orang berdasarkan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis layanan sirkulasi dan layanan referensi yang tersedia pada Dinas Perpustakaan Kota Binjai (ditinjau dari aspek pengguna) secara umum sudah baik, namun masih perlu adanya perbaikan dalam hal penyediaan koleksi yang up to date, kesesuaian koleksi dengan kebutuhan pemustaka, transaksi peminjaman, dan jumlah buku yang dapat dipinjam. Untuk mewujudkan layanan yang terbaik kepada masyarakat, Dinas Perpustakaan Kota Binjai disarankan untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas baik petugas maupun koleksi serta menambah fasilitas pendukung jasa layanan perpustakaan sehingga menarik minat pemustaka untuk datang ke perpustakaan.

Kata kunci : Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi