Talkshow Najwa Shihab

Pada hari Jumat, 15 Maret 2019 telah dilaksanakan Talkshow Duta Baca Indonesia Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara dalam rangka menumbuhkembangkan gemar membaca di masyarakat Sumatera Utara. Talkshow ini dihadiri oleh Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia, Drs. Deni Kurniadi M. Hum sebagai perwakilan Perpusnas RI, Ferlin H. Nainggolan sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, dan Eka Evriza sebagai Duta Baca Provinsi Sumatera Utara.

Acara ini diikuti oleh beberapa praktisi serta penggerak literasi di Sumatera Utara,  Penulis, utusan dari beberapa universitas yang terdapat di Sumatera Utara salah satunya adalah Universitas Sari Mutiara Indonesia, utusan dari beberapa SMA dan SMK, serta beberapa organisasi pejuang literasi. Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB. Adapun tema dari talkshow ini adalah “Langkah Cerdas Generasi Milenial di Era Digital Terhadap Informasi dan Berita Hoax”.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia dapat mengikuti acara ini. Hal dikarenakan mahasiswa dapat bertemu secara langsung dengan tokoh – tokoh pejuang literasi, penulis, dan mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan tokoh – tokoh tersebut. Selain itu keistimewaan lainnya adalah tidak semua universitas diundang pada acara ini, dikarenakan acara ini merupakan acara tertutup dimana hanya organisasi atau instansi – instansi tertentu yang diundang. 

Acara ini dimulai dengan tarian penyambutan kepada para pembicara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan oleh seluruh peserta talkshow, doa pembuka, sambutan dari para pembicara, pemaparan materi dari pembicara serta ruang diskusi bagi peserta, dan terakhir adalah penutup. Diawali dengan pemaparan materi oleh Duta Baca Indonesia yaitu Najwa Shihab dengan materi apa pentingnya membaca, pentingnya peranan orang tua dalam menerapkan kebiasaan membaca pada anak, bagaimanaa caranya untuk menjadi pembaca aktif, cara membedakan berita hoax dan berita yang benar, cara agar dapat terbiasa membaca, manfaat dari membaca buku serta beberapa rekomendasi buku yang bisa dibaca.

Pada acara ini Najwa Shihab mengatakan bahwa “ An investment in knowledge always pays the best interest,  investasi terbesar dalam ilmu pengetahuan  selalu menghasilkan bunga yang paling besar dan paling murah lewat membaca”. Artinya adalah betapa besar informasi yang bisa kita dapatkan secara gratis hanya dengan membaca, dengan kata lain membaca dapat membuat kita kaya akan ilmu pegetahuan serta informasi.

Adanya acara ini diharapkan agar dapat bermanfaat bagi seluruh peserta serta dimana lebih menghargai arti pentingnya membaca sebagai investasi diri dimasa kini maupun di masa yang akan datang. Terlebih – lebih bagi kaum milenial yang rentan sekali tertipu dengan berita hoax.

Reporter: Sarah Imelda (angkatan 2018)

Bagikan ke Sosial Media