Strategi Marketing Perpustakaan

Strategi Marketing Rekrutmen Calon Mahasiswa Baru Secara Digital

Medan | Hallo sahabat literasi dan mahasiswa ilmu perpustakaan. Bagaimana kabar anda hari? Semoga dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah covid-19 serta menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumuman.

Prodi ilmu perpustakaan dan sains informasi mengadakan pertemuan kepada seluruh mahasiswa. Pertemuan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Februari 2021 melalui video conference/zoom meeting yang diikuti oleh seluruh dosen prodi dan mahasiswa.

Pada kesempatan ini, pertemuan langsung dibuka oleh Ibu Ida Mariani Pasaribu, S.Sos.,M.A dengan mengawali pembicaran dan tujuaan pertemuan hari ini. Pertemuaan ini membahas tentang teknis dan strategis marketing untuk calon mahasiswa baru yang mendatang di tengah pandemi covid-19. Mengingat bahwa salah satu instrumen akreditasi program studi adalah tentang kualitas mahasiswa setiap tahun. Jadi, perlu adanya peningkatan mahasiswa baru untuk menunjang perkembangan program studi.

Dalam materinya, Bapak Muhammad Rasyid Ridlo, M.I.Kom menyampaikan beberapa strategi marketing yakni Optimalisasi Facebook dan Instagram Prodi, Optimalisasi website prodi, strategis lewat facebook ads yang mengarah pada iklan jurusan, prodi dan mahasiswa menjalin kerjasama dalam mengadakan pertemuan atau webinar untuk SMA/SMK, strategi sosial media creative dengan membuat content writer, video visual dan flyer terkait dunia pendidikan dan bidang ilmu perpustakaan.

Lebih tegas, Pak Muhammad Rasyid Ridlo, M.I.Kom menekankan bahwa kesemuannya tentu harus percaya diri, menjalin kekompakkan antar tim, komunikasi, Kerja keras dan yang paling utama adalah berpasrah kepada Tuhan Maha Yang Esa. Diakhir pembahasan, semoga team marketing dapat melaksanakan sesuai dengan sasaran dan pastinya membuahkan hasil yang optimal.  

Sementara itu, Ibu Ida Mariani Pasaribu, S.Sos.,M.A mengapresiasi mahasiswa yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri pertemuan ini serta berterimakasih kepada pemateri dalam hal ini Pak Rasyid yang telah memaparkan cara dan Strategi Marketing dalam rekrutmen calon mahasiswa baru secara digital ditengah pandemi covid-19.

Kemudian, Ibu Ida Mariani Pasaribu, S.Sos.,M.A berharap supaya mahasiswa lebih peduli dalam mengembangkan serta memajukan program studi,  membangun dan menjalin kerjasama yang baik, terus berinovasi, berkarakter yang baik dalam mewujudkan program studi yang unggul dan berkualitas.

Perlu diketahui juga kepada teman-teman tamatan SMA/SMK bahwa prodi ilmu perpustakaan dan sains informasi membuka penerimaan mahasiswa baru untuk tamatan SMA/SMK dan kelas karywan. Untuk lebih jelas informasinya silahkan searching atau telusuri melalui laman website resmi Prodi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi hanya di http://perpustakaan.sari-mutiara.ac.id/ dan sosial media prodi.

 

Salam Literasi

Penulis : Kerisman Halawa

Bagikan ke Sosial Media