SELAMAT HARDIKNAS 2021

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2 Mei 2021

Medan | Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi - Hallo sahabat literasi dimana pun anda berada. Bagaimana kabar anda hari ini semoga dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah pandemi Covid-19. Tahukah anda sahabat literasi hari pendidikan nasional?. Ya, Hari Pendidikan Nasional di peringati tanggal 02 Mei. Jadi penetapannya disahkan berdasarkan Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Setiap Tanggal 2 Mei selalu di peringati Hari Pendidikan Nasional Indonesia. Perayaan tahun ini jatuh pada Minggu 2 Mei 2021 dalam situasi pandemi Covid-19.

 

Perayaan ini menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia untuk memperingati pentingnya pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Secara singkat, sejarah dari Hardiknas merupakan penetapan Hari pendidikan sekaligus Hari kelahiran tokoh pahlawan nasional yang dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional sebelum Covid-19  biasanya dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, penyelenggaran upacara bendera secara langsung/tatap muka dan perlombaan dalam menyambut Hari Pendidikan, seperti perlombaan pidato, lomba karya tulis, buat poster bertemakan pendidikan, dan masih banyak lagi kegiatan dalam menyongsong hari pendidikan. Akan tetapi, dalam masa Covid-19 ini sesuai arahan dari Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan cara merayakan Hardiknas di tengah pandemi Covid-19 melalui surat edaran Nomor 27664/MPK.A/TU.02.03/2021. Dalam surat edaran yang dirilis 26 April 2021, Nadim mengumumkan bahwa Kemendikbud akan menyelenggarakan upacara bendera pada 2 Mei 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Instansi pusat, darah, satuan pendidikan serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri yang berada di zona hijau dan kuning diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera Hardiknas 2021.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 bertemakan “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Untuk itu, melalui Tema Mari kita semua dengan serentak bersama-sama melahirkan generasi baru yang unggul berkarakter, semangat gotong royong dengan kemampuan intelektual dan sikap spiritual. Sejalan dengan itu, sesuai dengan semboyan yang berbunyi "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani" artinya Didepan memberi Contoh yang baik, Ditengah-tengah harus menciptakan ide dan prakarsa, Di belakang  memberikan arahan dan dorongan.

Perayaan ini bertujuan untuk menyadarkan kita semua betapa pentingnya pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai bangsa pribumi memiliki hak penuh dalam mengembangkan pendidikannya serta dilindungi oleh Negara. Pendidikan menjadi ujung tombak kemajuan peradaban manusia. Jadi, teruslah raihlah pendidikan mu dengan belajar tidak mengenal lelah. Kejarlah pendidikan supaya kemerdekaan itu tetap melekat dalam semangat. Apalagi dalam masa pandemi covid-19 ini, mari kita semua wujudkan semangat semboyan pendidikan dan mewujudkan merdeka belajar untuk terus berinovasi demi masyarakat cerdas dan Indonesia Maju.

Maka dari itu, Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 02 Mei 2021.

 

Salam Literasi.

Penulis : Kerisman Halawa

Bagikan ke Sosial Media