Ramadhan Fair 2019

Pada tanggal 20 s.d 25 Mei 2019, Universitas Sari Mutiara Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan Bazar. Bertema “Bazar Ramadhan Fair” yang bertujuan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha. Kegitan ini diikuti oleh beberapa prodi yang terdapat di Universitas Sari Mutiara Indonesia, termasuk Prodi Ilmu Perpustakaan dan tidak juga ketinggalan dosen Prodi Ilmu Perpustakaan turut berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini.

Prodi Ilmu Perpustakaan membuka stand yang bernuansa “Library Cafe” yang bertema ramadhan di stand tersebut. Menggunakan dekorasi yang sesuai dengan tema yaitu dengan menggunakan dekorasi yang berbau ramadhan dan perpustakaan. Contohnya dengan menggunakan hiasan bercorak ketupat di setiap sisi stand serta pada poster. Selain melakukan transaksi jual beli, Prodi Ilmu Perpustakaan juga memperkenalkan beberapa judul koleksi bahan pustaka yang berupa judul – judul novel terbaik. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas ciri khas yang dimiliki oleh Prodi Ilmu Perpustakaan.

Selain itu, Prodi Ilmu Perpustakaan juga menggunakan label tersendiri pada setiap kemasan produk makanan maupun minuman yang dipasarkan. Hal ini dilakukan untuk meperkenalkan keberadaan Prodi Ilmu Perpustakaan pada masyarakat luas. Penggunaan label ini juga bertujuan untuk melakukan social marketing tentang Prodi Ilmu Perpustakaan, karena di label tersebut telah tertera alamat website resmi, id instagram serta facebook yang dimiliki oleh Prodi Ilmu Perpustakaan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi yang dimiliki oleh prodi. Sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung kegiatan – kegiatan apa saja yang pernah diikuti oleh prodi.

Prodi Ilmu Perpustakaan mengikuti bazar ini selama 5 hari penuh, dimana disetiap harinya menu akan makanan serta minuman yang dipasarkan berbeda – beda. Hal ini bertujuan agar pembeli tidak merasa bosan akan menu makanan yang ditawarkan oleh prodi. Hal ini tentunya merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh prodi, dikarenakan rata –rata prodi lain yang membuka stand di bazar ini memiliki menu yang sama di setiap harinya. Adapun beberapa menu yang telah dipasarkan oleh Prodi Ilmu Perpustakaan adalah es cincau, mie balap, keripik, mie level, es buah, rujak serut, serta kolak dingin.

Beberapa dosen serta mahasiswa dari prodi lain telah memberikan apresiasi yang positif terhadap keunikan serta kelebihan dari stand Prodi Ilmu Perpustakaan. Apresiasi tersebut tentunya merupakan tanggungjawab prodi untuk mempertahankannya di kegiatan selanjutnya. Maka dari itu, kedepannya Prodi Ilmu Perpustakaan diharapkan tetap menerapkan kreatifitas dalam setiap event yang diikuti

Reporter: Sarah Imelda (angkatan 2018)

Bagikan ke Sosial Media

Tags: