PKL di Digital Library UNIMED

Setiap mahasiwa tingkat akhir wajib melakukan PKL di setiap instansi – instansi yang sesuai dengan jurusan serta keahlian masing – masing. Begitu juga dengan mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Dua orang mahasiswa dari jurusan Ilmu Perpustakaan berhasil merampungkan kegiatan PKL mereka di salah satu perpustakaan terbaik di kota Medan, yaitu di Perpustakaan Universitas Negeri Medan atau sering disebut dengan Digital Library Unimed. Adapun kedua mahasiswa tersebut adalah Rayhan Yuvandra dan Rosana Samisarah. Kedua mahasiswa ini merupakan mahasiswa tingkat akhir prodi Ilmu Perpustakaan yaitu mahasiswa semester tujuh di Universitas Sari Mutiara Indonesia.

            Mereka mengawali kegiatan ini pada tanggal 14 Februari 2019 dan mengakhirinya pada tanggal 4 Maret 2019. Ketika pertama kali melakukan PKL, Rayhan dan Rosana datang ke Perpustakaan UNIMED dan menghadap kepala tata usaha untuk memberikan surat izin PKL di perpustakaan universitas tersebut. Mereka disambut baik oleh pihak Unimed dan langsung dipekerjakan pada hari itu juga.

            Sebelum melakukan praktek, mereka dibimbing terlebih dahulu oleh pustakawan –yang terdapat disana. Mulai dari sirkulasi, cara pengolahan bahan pustaka, inventarisasi, melabel bahan pustaka, memasangkan barcode, memasangkan nomor punggung di bahan pustaka, mengatalog bahan pustaka, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar mereka tidak melakukan kesalahan dalam melaksanakan tugas. Kegiatan ini berlangsung  selama sebulan, mulai dari hari senin sampai  jumat, dengan jam kerja mulai dari pukul 08.00 16.00 WIB.

Tanggapan dari pihak Perpustakaan Unimed terhadap kinerja mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia adalah baik. Mereka mengatakan bahwa kinerja dari Rayhan dan Rosana sudah baik hanya saja ada beberapa hal kecil yang harus lebih dipelajari dan dikuasai lagi. Selain itu, kesan Rayhan dan Rosana selama melakukan PKL di Perpustakaan Unimed adalah baik dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan pustakawan yang bekerja disana menerima mereka dengan tangan terbuka dan mau berbaur dengan mereka serta pustakawan – pustakawan tersebut membimbing mereka dengan sangat baik.  Adapun harapan prodi akan kegiatan PKL ini adalah agar kedepannya mahasiswa – mahasiswi Ilmu Perpustakaan USMI dapat diterima kembali untuk melakukan PKL di Perpustakaan Universitas Negeri Medan.

Reporter: Sarah Imelda (angkatan 2018)

Bagikan ke Sosial Media

Tags: