Hari Lahir Pancasila

Hallo sahabat literasi. Bagaimana kabar anda hari ini semoga dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah penyakit coronavirus (Covid 19). Admin kali ini membagikan informasi yang sangat mengingatkan kita pada sejarah dasar Negara Kita Republik Indonesia. Penasaran? Simak yuk. Tahukah anda bahwa hari ini, hari bersejarah bagi Negara Indonesia? Ya. Hari ini adalah peringatan Hari Lahir Nya Pancasila 01 Juni. Momentum ini mengingatkan kita pada sejarah awal. Sebelum lahir pancasila, BPUPKI mengadakan sidang pertama pada tanggal 29 Mei dan selesai pada tanggal 01 Juni 1945. Rapat badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI) ini membahas tentang tema Dasar Negara.

Sebelum Kemerdekaan dikumandangkan, maka perlu landasan/dasar negara nya. Sehingga BPUPKI membahas dasar negara Indonesia. Menjelang beberapa hari kemudian Ir. Soekarno mengusulkan 5 asas/dasar negara Indonesia yang dinamakan Pancasila. Akan tetapi ada juga tokoh lain yang sempat menyumbangkan pikiran dan gagasannya tentang dasar negara antara lain Muhammad Hatta, Mohammad Yamin dan Soepomo. Akan tetapi asas Pikiran Soekarno langsung diterima dengan gagap gempita oleh peserta sidang. Sehingga sejak saat itu tanggal 01 Juni 1945 disebut sebagai Hari Lahir Pancasila.  

Seperti yang pernah dikatakan bapak Proklamator Indonesia Ir. Soekarno bahwa “Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila, Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh kedalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah”. Lima dasar Negara ini yang dinamakan Pancasila adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Nah, dalam peringatan ini tentu memiliki  makna bagi kita semua salah satunya adalah bahwa pancasila adalah sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Pancasila bukan hanya sekedar sila yang sering dibacakan saat hari kemerdekaan. Melainkan Pancasila sebagai pedoman dalam dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila itu sendiri dan mengimplementasikaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila harus ditanamkan dalam setiap diri manusia. Apalagi sebagai generasi muda dan pelajar agar mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai wujud kecintaan kita terhadap Indonesia. Caranya dengan saling menghargai perbedaan, membangun jiwa silaturahmi dengan sesama, keluarga, menciptakaan rasa persatuan dan kesatuan  serta membangun generasi muda yang berprestasi.

Sahabat literasi, dalam wabah coronavirus (covid 19) mari kita semua membangun Indonesia sehat bebas dari wabah covid 19 dengan cara mematuhi himbauan dari pemerintah dan kesehatan tentang menjaga sosial distancing, memakai masker saat berpergian dan jaga pola hidup sehat itu yang utama. Dalam hal ini, mari bersama-sama kita jaga negara Indonesia menjadi Negara yang damai dan menjaga persatuan dan kesatuan serta  bangsa ini cepat bebas dari wabah covid 19. Selamat Hari Lahir Pancasila. Salam Literasi.

Penulis: Kerisman Halawa

Bagikan ke Sosial Media