Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional

Hallo sahabat literasi, Tahukah anda hari ini adalah Hari Buku Nasional? Ya. Tentu saja Hari ini tanggal 17 Mei 2020 adalah peringati Hari Buku Nasional. Namun demikian, bukan hanya 23 April saja kita merayakan hari Buku Sedunia. Indonesia juga memiliki Hari buku Nasional. Peringatan hari Buku Nasional merupakan hari yang momentun sekali buat bangsa Indonesia yaitu bertepatan sekali pada hari peringatan berdirinya Perpustakaan Nasional tanggal 17 Mei 1980. Peringatan hari Buku Nasional ini jika kita mengenal sejarah bahwa cetusnya Hari Buku Nasional merupakan ide dari Menteri Pendidikan kala itu adalah Bapak Abdul Malik Fadjar yang dimulai sejak Tahun 2002.

Peringatan hari Buku Nasional juga memiliki Tujuan yang prioritas dalam menumbuh kembangkan minat gemar membaca anak Indonesia, mengembangkan gerakan literasi anak bangsa dan meningkatnya daya kecintaan terhadap buku. Jika kita dirilis bahwa minat baca anak baca buku sangat rendah, hal ini mungkin disebabkan oleh penyebab eksternal dan internal.

Namun demikian, Bapak Muhammad Hatta pernah berkata :Aku rela dipenjara asalakan bersama dengan buku, Karena dengan buku aku bebas”. Pernyataan ini mengajarkan kita betap pentingnya sebuah buku. Juga sering kita dengar “Buku adalah jendela dunia”. Maksudnya adalah dengan membaca buku anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Misalkan anda mengetahui dunia Negara Amerika Karena membaca buku/peta, anda mengenal rumus pytagoras karena membaca buku matematika. Jadi, tanpa buku anda tidak tahu-tahu apa-apa walaupun dalam masa ini teknologi telah menggantikan semua, namun ada juga digital E-book. Sehingga betap pentingnya sebuah buku guna menerobos celah ketidaktahuan manusia.

Gerakan literasi harus dikembangkan guna untuk mengairahkan minat baca anak bangsa dan kecintaanya terhadap buku baik dikalangan masyarakat, keluarga, sekolah, komunitas, perguruan tinggi dll. Jangan anda biarkan kebiasaan hanya untuk memanfaatkan sosial media tapi luangkan waktu anda untuk sejenak membaca buku dan merenungkannya. Jangan anda biarkan buku anda jadi panjangan meja tapi jadikan buku itu sebagai panutan anda untuk belajar dan ilmu anda bertambah.

Namun demikian, peringatan hari Buku Nasional ini diharapkan mampu membaca hal yang positif dan menyadarkan serta mengairahkan betapa pentingnya sebuah Buku. Betapa indahnya bangsa Indonesia jika Minat baca anak bangsa meningkat dan bebas dari ketidaktahuan. Sekali lagi, budayakan membaca buku dan berkunjung ke perpustakaan sebagai wahana ilmu karena disana ada buku serta jadikan buku sebagai sahabat anda kapan dan dimana saja.

SELAMAT HARI BUKU NASIONAL. SALAM LITERASI

Penulis : Kerisman Halawa

Bagikan ke Sosial Media